Kamis, 16 September 2010

MERAKIT PERSONAL KOMPUTER

I.I.MERENCANAKAN KEBUTUHAN DAN SPESIFIKASI
Sebelum Membeli computer(PC), baik baru maupun bekas, kita harus memperkirakan spesifikasi komputer / laptop yang akan kita beli berdasarkan kebutuhan kita terlebih dahulu. Menentukan spesifikasi komputer yang kita butuhkan sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak cara untuk menentukan spesifikasi tersebut tapi yang jelas semuanya bermuara kepada tujuan yang sama, yakni mendapatkan komputer atau laptop yang memiliki kualitas prima dan terbaik dengan harga yang murah serta mempertimbangkan rencana ke depan seperti untuk upgrade atau downgrade, fleksibilitas, kompatibilitas, purna jual, dan lain sebagainya.Secara umum komponen yang terdapat di komputer maupun laptop adalah sama. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran dan tentu

1. Processor merupakan otak dari komputer atau laptop. Mudahnya, semakin tinggi nilai MHz processor, maka akan semakin cepat kerjanya dan semakin mahal pula harganya. Jika anda hanya butuh untuk pengetikan, anda bisa menggunakan processor komputer yang biasa-biasa atau kelas menengah.
Tapi jika anda butuh untuk bermain game atau desain grafis, maka pilihlah processor dengan ukuran MHz paling tinggi. Umumnya ada dua jenis produk processor yang sering dipakai, Intel dan AMD. Processor AMD walaupun relatif lebih murah daripada intel, tetapi juga relatif akan lebih cepat panas daripada Intel. Dengan demikian bila anda memilih menggunakan AMD, perhatikanlah sistem pendingin untuk CPU komputer atau laptop anda. Processor intel juga terbagi dua, Pentium dan Celeron. Processor Pentium relatif cepat dan mahal dari pada Celeron karena cache memory (memory internal pada processor) yang dimiliki Pentium lebih besar dari pada yang ada pada Celeron. Jika hanya untuk pengetikan, anda bisa menjadikan procesor intel Celeron sebagai alternatif.

2. Memory Seperti halnya pada processor, semakin besar Memory (RAM) dan cache memory yang anda gunakan, akan semakin cepat pula proses pengolahan data yang dilakukan oleh komputer atau laptop. Ada berbagai macam ukuran memory (RAM), 1 MB (Mega Bytes), 2 MB, 4 MB, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB ( Giga Bytes) dan seterusnya dengan kelipatan dua. Jika hanya untuk pengetikan, memory sebesar 512 MB atau bahkan 128 MB pun sudah cukup (tergantung pada sistem operasi yang digunakan).

3. VGA merupakan komponen penting untuk tampilan gambar pada layar. Kecepatan dan kualitas VGA dipengaruhi oleh besar kecilnya memory dan jenis memory yang digunakan. Walaupun demikian, kecepatan dan kualitas VGA harus didukung juga oleh kemampuan monitor / screen agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika hanya untuk pengetikan, VGA dengan memory sebesar 1 atau 2 MB ataupun menggunakan share memory pun sudah cukup. Sebaliknya, jika ingin performance yang bagus, perbesar kapasitas memory VGA. Selain memperbesar kapasitas, kinerja VGA dengan menggunakan memory internal akan lebih baik daripada menggunakan shared memory. Jika ingin yang murah, anda dapat menggunakan VGA onboard yangsudah terpasang langsung pada mainboard.

4. Layar Layar, display, monitor, atau screen merupakan komponen untuk visualisasi. Untuk optimalisasi tampilan, sesuaikan kemampuan VGA dengan kemampuan monitor atau sebaliknya. Selain itu jika anda mengalami keterbatasan ruang kerja maka belilah LCD, jika tidak maka belilah monitor digital biasa yang lebih murah harganya dibandingkan LCD. Harga layar monitor atau LCD tidak murah, oleh karena itu pilihlah dengan bijak.

5. Harddisk merupakan tempat penyimpanan file yang utama. Jika data anda tidak banyak atau komputer anda hanya sekedar untuk pengetikan biasa maka harddisk yang berukuran sedang atau kecilpun tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi jika anda butuh untuk bermain games atau desain grafis maka anda harus memilih harddisk dengan kapasitas besar dan kecepatan transfer atau baca (RPM) yang tinggi, sebab sistem operasi akan menggunakan harddisk anda sebagai tempat virtual memory.

6. Mainboard atau motherboard merupakan komponen utama dari CPU komputer atau Laptop. Pilih mainboard yang mendukung processor dan memory yang anda pilih. Pastikan bahwa mainboard tersebut dapat mendukung untuk melakukan upgrade processor dan memory, sehingga bila suatu hari nanti perlu upgrade komputer maka anda dapat melakukannya tanpa perlu mengganti mainboard.

7. Perangkat Lunak komputer kadang dapat menjadi masalah. Jangan menginstall program atau software yang tidak anda butuhkan sama sekali. Bila anda tidak mampu untuk membeli perangkat yang asli, atau mungkin ingin berhemat maka anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak gratis yang berbasis opensource. Perangkat lunak berbasis opensource seperti linux dan openoffice sebenarnya tidak kalah handalnya dibanding perangkat lunak berbayar seperti Microsoft Windows dan Microsoft Office. Persoalan utama yang sebenarnya adalah merubah kebiasaan anda.

I.2 MELAKUKAN INSTLASI KOMPONEN PC
Mulai dari pemasangan proccessor,memoy dan lainnya termasuk memilih casing yang benar .Hal ini sangat mempengaruhi kinerja komputer kita nantinya.Sangat penting diperhatikan karena komputer merupakan parthner kerja yang selalu standby kapanpun kita perlukan.Tidak lucu saat kita mau menggunakan komputer tiba-tiba komputer ngadat dan perlu diperbaiki dulu.Alih-alih waktu kita malah habis untuk perbaiki komputer bukannya menyelesaikan kerjaan kita.Jadi pastikan jika anda merakit komputer dengan cara yang tepat dan benar.Saya kasih sample merakit PC 2 core 2,7Ghz,untuk spec PC lainnya hampir sama.Berikut urutannya yang benar
  • Sediakan Motherboard,Proccessor,Fan proccessor,Memory,HDD,LCD/CRT,DVD,Keyboard,Mouse,Cashing,speaker std,Software Windows+utility
  • Komponen diatas jangan dipasang dulu pada cashing saat merakit komputer.Usahakan merakit komputer sampai selesai diluar cashing hal ini menjaga supaya saat ada trouble akan lebih mudah kita mengatasinya.
  • Letakan motherboard diatas kotak motherboard/kardus berbahan isolator(penghambat arus listrik)yang lebih tinggi kira-kira 10cm
  • Buka slot proccessor dan letakan posisi Proccessor dengan tepat.caranya lihat bagian pin depan yang ada tanda titik bulat atau panah lalu matchingkang dengan dudukan proccessor.Jika tepat maka proccessor akan rata dengan dudukannya.
  • Oleskan pasta di atas badan proccessor secara merata secukupnya.Gunakan pasta yang kental jangan yang encer
  • Pasang fan/kipas proccessor dengan tepat.Posisi power fan harus menghadap pin arus pada motherboard jangan melintang karena bisa mengganggu fan proccessor saat mutar.Simpul kabel power fan proccessor dengan baik sampai jarak kabel proccessor dengan pin arus motherboard dekat.
  • Kunci fan proccessor dimulai dari salah satu ujung pin pengunci,tekan bagian besinya kebawah lalu kunci memutar sesuai arah jarum jam biasanya ada tanda buka/kunci dipin tersebut.Lalu kunci sisi bagian unjung yang lain dengan cara yang sama.Kondisikan selalu melintang untuk masing-masing pinnya saat di kunci.agar saling mengikat dengan baik pada papan motherboard.Ada juga fan proccessor yang sistem baut pada papan motherboard,yang ini lebih baik karena memperkecil terjadinya meral pada fan proccessor.
  • Pasang memory dengan benar jangan sampai terbalik.Pasang memory pertama pada slot 1 dan selanjutnya.Setiap motherboard mempunyai 1-4 slot memory sesuai dengan jenis motherboardnya.Pasang memory sampai kedua ujung kuncinya betu-betul mengunci dengan baik.
  • Pasang power supplay pada motherboard dengan memasang pin 24 dari PSU ke pin 24 motherboard.Jangan sampai terbalik.Pasang denga sempurna sampai mengunci.
  • Pasang supplay pin 12v yang berwarna hitam dan kuning dari PSU ke pin 12v motherboard.Fungsinya khusus sebagai supplay proccessor.Letaknya dekat dengan proccessor.
  • Pasang HDD sata/ide sesuai dengan jenis HDD yang anda pakai.Ada 2 jenis HDD yang bisa anda gunakan untuk merakit komputer anda.Pasang kabel data dan kabel power sesuai dengan jenis HDD yang anda pakai.Jangan sampai terbalik.
  • Pasang DVD anda sesuai dengan jenis DVD yang anda pakai,sama seperti HDD.Ada DVD sata dan ide.
  • Pasang kabel VGA dari port VGA motherboard ke Lcd/Crt dengan pas.
  • Pasang Keyboard pada port keyboard motherboard biasanya berwarna ungu dan mouse pada port yang berwarna hijau
  • Cari pin/panel swit on/off pada motherboard.setiap pin ini letaknya berbeda untuk tiap motherboard.Ada petunjuk panel yang ditulis di motherboard biasanya,ada juga yang tidak.
  • Setelah ketemu panel swit on/off sentuh pin on/off dengan obeng min sehingga komputer yang kita rakit hidup dengan indikasi fan proccessor mutar.
  • Kondisikan bios sebelum install dengan menekan tombol dell/F1/F2/F12 .Masing2 motherboard memiliki cara yang berbeda untuk masuk setting bios.disesuaikan aja.biasanya saat booting sudah dikasih warning tombol masuk bios.
  • Saat masuk bios kondisikan fhirst boot harus DVD dan second boot pada HDD
  • Save as/F10 untuk menyimpan perubahan.Jika default bios sudah seperti kondisi diatas maka bios tak perlu dirubah
  • Masukan cd windows anda ke DVD (win xp,win vista,win7)
  • Install sesuai jenis windows yang anda gunakan.cara installnya nanti saya khususkan di posting lain.
  • Partisi HDD anda saat menjalankan installer windows ketika format HDD.minimal 2 partisi,partisi 1 untuk windows dan yang kedua khusus data anda.Ini penting sebagai sapety data anda jika suatu saat windows anda mengalami kerusakan sehingga tidak mengganggu data anda.
  • Selesai install windows langkah selanjutnya install driver motherboard dengan sempurna.Pastikan di device manager tak ada tanda tanya(?) warna kuning.Jika masih ada tanda seperti itu artinya driver motherboard belum sempurna.Install driver bisa 2 cara secara manual atau auto install.
  • Test spec komputer dengan mengetikan dxdiag di menu run windows anda.Akan terlihat spec komputer anda mulai dari jenis win yang anda gunakan,besar proccessor,besar memory,besar vga,jenis chip sound yang digunakan.Jika semua data yang ada di sana sesuai dengan hardware yang anda rakit maka anda telah merakit komputer dengan baik.
  • Atur resolusi gambar/tampilan layar anda sesuai kebutuhan.caranya klik kanan di menu windows/taskbar,properties,setting,atur sceen resolution sesuai keinginan,tekan ok.
  • Masukan pin speaker standar yang telah anda siapkan sebelumnya ke port sound warna hijau
  • Test menggunakan dxdiag diatas,klik menu music,klik test directmusic,tekan yes.Akan keluar suara default windows
  • Langkah selanjutnya install office dan software lain sesuai kebutuhan anda.Ini opsional saja setiap orang pasti berbeda kebutuhan.
Jika sudah siap semua maka langkah terakhir adalah merakit komputer di dalam cashing.Sebelumnya anda lepasin dulu kabel powe dari power supplay,kabel VGA,keyboard dan mouse serta speaker standar tadi.Selanjutnya mari kita pasang ke dalam cashing.Caranya sbb:
  • Masukan baut penyangga/dudukan motherboard dengan baik,sesuaikan dengan ukuran lubang baut di motherboard yang anda pakai
  • Kunci baut tersebut menggunakan tang kecil supaya tidak terjadi shot pada motherboard
  • Pasang tutup motherboard dengan benar dibagian belakang cashing.Biasanya berbentuk kaleng penutup
  • Letakan motherboard diatas baut penyangga/dudukan tadi sambil memasukan port belakang motherboard
  • Pasang baut dengan benar berdasarkan dudukannya,jangan terlalu kencang atau terlalu kendor.Secukupnya saja
  • Pasang HDD pada cashing sesuai tempatnya.Pakai baut diujung kiri dan kanan atau sebelah cashing
  • Pasang DVD pada cashing seperti pasang HDD
  • Pasang kabel HDD ke motherboard sesuaikan jenis HDD yang anda pakai sata/ide
  • Pasnag kabel DVD ke motherboard sesuaikan jenis DVD yang anda pakai sata/ide
  • Pasang kabel switch power cashing pada panel power motherboard didikuti dengan kabel led power,kabel restart power dan kabel HDD power
  • Pasang kabel usb cashing pada motherboard usb
  • Pasang kabel sound cashing pada motherboard panel sound
  • Test ulang dengan memasang kembali kabel VGA,keyboard,mouse,speaker.Pastikan berjalan dengan sempurna
  • Tutup cashing dan test ulang lagi seperti point diatas
1.3 Melakukan ke selamatan keselamatan kerja dalam merakit komputer
dalam mendiagnosa permasalahan · Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan · Melaksanakan Keamanan dan. Keselamatan Kerja (K3) dalam.... kesalahan dalam memasang peripheral saat merakit suatu personal computer diantaranya yaitu : CODE PROBLEM AREA 02X Power supply problem 100 Option configuration wwrong 101 System board interrupt circuitry ... pengoperasia n peralatan · Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan · Menunjukkan
Dalam menggunakan komputer yang baik dan demi keselamatan kerja dari pengguna komputer (brainware) harus terlebih dahulu mengetahui prosedur-prosedur yang aman dalam bekerja. Sikap posisi duduk yang baik, jarak pandang mata terhadap ...
Merakit personal computer. 1.1 Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi. 1.2 Melakukan instalasi komponen PC. 1.3 Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer. 1.4 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan ...
KAMIS, Merakit Personal Computer, 1.2. Melakukan Instalasi Komponen PC, 6, X.1 & X.2, RANTO. 1.3. Melakukan Keselamatan Kerja dalam Merakit PC.

1.4.MENGATUR KOMPONEN PC MENGGUNAKAN SOFTWER (Melalui setup BIOS dan aktifitas komponen sistem operasi )
Mengatur Komponen PC menggunakan software. melalui setup BIOS dan aktifasi komponen ...
Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman. Jangan merokok, karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC, terutama prosesor. ...
Jangan gegabah saat sedang merakit PC ataupun menginstall. Bekerja dengan tertib jangan bercanda. Langkah kerja. Merakit Komputer. Persiapkan Alat dan Bahan yang dibutuhkan. Buka kedua tutup casing, lepas baut kanan dan kiri casing satu persatu. .... Disini ada tiga pilihan konfigurasi jaringan dimana diantaranya ada home network, work network dan public karena dalam kasus ini saya pilih public network. Tapi akan saya tampilkan juga karena penulis memilih Home Network. ...
Cara melakukan setting di komputer untuk akses ke modem Articonet. Untuk setting di komputer dilakukan sesuai dengan operating system yang dipakai di komputer pelanggan, disini yang dibahas khusus untuk Windows XP. ...
kerja dalam merakit kempoter

I.5 MENYAMBUNG PERIFERAL MENGGUNAKAN SOFTWARE
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan–keperluan lain. Peripheral tersebut antara lain; Printer Scanner Modem Network Card Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software

1.6 MEMERIKSA HASIL PERAKITAN PC DAN PEMASANGAN PERIFERAL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar